JAoS9MGcRrEvAy1VHexBi0Y4Il9FDuQzGEpppXkI
Bookmark

18 Tips Membuat CV yang Baik dan Menarik

Salah satu faktor penting agar pelamar diterima kerja adalah CV atau Curriculum Vitae yang kita kirimkan ke perekrut. CV yang baik tentu yang bisa dengan jelas menggambarkan kualifikasi kita dan kesesuaian dengan pekerjaan yang dilamar. Selain itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar CV kita menjadi menarik dan "menjual." 

Tips Membuat CV yang Baik

Berikut adalah 20 tips yang bisa anda terapkan dalam membuat Resume/ CV:

1. Pahami Lebih Dulu Tujuan CV

Sebelum menyusun lebih jauh, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memahami apa tujuan CV. Mudahnya, tujuan CV adalah untuk memperkenalkan diri kepada perekrut yang menjelaskan identitas, pengalaman kerja dan organisasi, keterampilan dan keahlian yang dimiliki, serta pencapaian dan prestasi yang relevan dengan posisi pekerjaan yang dilamar.

2. Buatlah Format CV yang Bersih, Rapi, dan Mudah Dibaca

Tentu kita tidak menginginkan bahwa CV yang sudah kita kirimkan langsung disingkirkan perekrut tanpa dibaca akibat format yang berantakan dan sulit dibaca bukan? Maka pastikan CV anda mudah dibaca dengan menggunakan format yang bersih, terstruktur, dan tidak terlalu berlebihan dengan dekorasi yang berlebihan.

3. Konsisten dalam Penyusunan CV

Gunakanlah font dan spasi pengetikan CV yang konsisten dari bagian atas hingga bagian akhir. Konsistensi dapat memudahkan CV untuk dibaca, gunakan juga font standar baik itu jenis font, ukuran, dan warnanya. 

4. Sesuaikan CV dengan Pekerjaan yang Dilamar

CV yang baik dan menarik adalah yang dibuat sesuai dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Jangan hanya mengandalkan satu CV untuk semua pekerjaan yang dilamar, namun sesuaikanlah terlebih dahulu isinya. Tampilkan pengalaman, keterampilan, dan prestasi yang relevan dengan posisi pekerjaan yang dilamar dan tonjolkan yang paling bisa menjual ke perekrut.

5. Beri Fokus Lebih pada Daftar Prestasi

Soroti daftar prestasi atau pencapaian konkret yang dapat menarik perhatian perekrut. Misalnya proyek yang berhasil kita capai, penghargaan apa saja yang diterima, atau kontribusi-kontribusi yang signifikan pada tempat kerja sebelumnya. Perekrut bisa dengan mudah melihat kelebihan pelamar dari prestasi yang pernah diraih sehingga membedakannya dengan pelamar lainnya. 

6. Deskripsikan Pengalaman Kerja dengan Jelas

Jelaskan pengalaman kerja sebelumnya dengan jelas dan ringkas dengan berfokus pada tanggung jawab apa saja yang pernah diemban di pekerjaan sebelumnya. Pengalaman kerja yang ditambahi prestasi pada posisi pekerjaan sebelumnya juga bisa menambah nilai jual CV anda.

7. Perhatikan Struktur Bahasa, Tanda Baca, dan Ejaan

Gunakan bahasa CV yang resmi dan profesional namun harus mudah dipahami. Jangan gunakan bahasa  gaul yang bisa memberi kesan tidak serius. Perhatikan juga ejaan, tanda baca, dan kesalahan pengetikan, jangan sampai ada kesalahan sepele yang bisa berdampak serius yakni ditolaknya lamaran kita.

8. Sertakan Keterampilan yang Relevan

Selain pengalaman kerja dan prestasi, beri fokus lebih juga pada keterampilan dan keahlian kita yang paling relevan dengan pekerjaan yang dilamar, baik itu keterampilan teknis maupun interpersonal. Perekrut akan lebih mudah memilah pelamar dengan mencari keterampilan yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang tersedia. 

9. Sertakan Riwayat Pendidikan

Jelaskan riwayat pendidikan dengan jelas, termasuk gelar, institusi, dan tahun lulus. Menambahkan pendidikan non-formal yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar juga bisa menambah nilai jual CV. 

10. Sertakan Referensi atau Testimoni

Jika memungkinkan, sertakan referensi atau testimoni dari kolega atau atasan sebelumnya yang dapat memperkuat profil anda. Referensi dari atasan sebelumnya bisa memberikan pengaruh besar terhadap nilai jual CV anda. 

11. Perhatikan Panjang CV

Buatlah CV dengan kelengkapan yang cukup namun hindari membuat CV terlalu panjang. Usahakan untuk merangkum informasi dengan singkat dan jelas sehingga panjang CV menjadi ideal. 

12. Sertakan Informasi Kontak yang Jelas

Pastikan informasi kontak anda seperti alamat email dan nomor telepon mudah ditemukan pada CV dengan posisi yang menonjol. Pastikan juga email dan nomor telepon yang ditampilkan aktif dan mudah diakses.

13. Hindari Informasi yang Tidak Relevan dengan Pekerjaan

Hanya sertakan informasi yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Hindari informasi pribadi yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang dilamar. Tidak perlu menambahkan informasi-informasi yang hanya akan membuat CV menjadi terlalu panjang namun tidak relevan.

14. Tambahkan Sentuhan Personal pada CV

Hal kecil bisa berdampak signifikan pada proses perekrutan pekerja. Karena itu anda bisa menambahkan sentuhan personal yang membedakan anda dari kandidat lain, misalnya minat atau kegiatan di luar pekerjaan yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

15. Perhatikan Desain CV 

Meskipun penting untuk membuat CV yang simpel, bersih, dan rapi, namun juga penting untuk mempertimbangkan desain visual yang menarik untuk membedakan CV anda dari pelamar lainnya. Anda juga bisa gunakan desain CV yang relevan dengan posisi kerja yang dilamar. 

16. Mintalah Masukan dari Orang Lain

Pengalaman sangat berharga, begitu juga pengalaman orang lain. Mintalah masukan dari teman atau kenalan HR untuk memeriksa dan memberikan masukan pada CV anda sebelum mengirimkannya. Anda juga bisa membaca pengalaman-pengalaman dan tips-tips yang dibagikan di media sosial tentang membuat CV yang baik.

17. Sertakan Juga Link Portofolio (jika relevan)

Jika Anda memiliki portofolio online atau contoh hasil pekerjaan sebelumnya yang relevan, maka anda bisa sertakan link atau lampiran untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang kemampuan anda.

18. Perbarui CV secara Berkala agar Selalu Relevan

Pastikan untuk memperbarui CV secara berkala sesuai dengan perkembangan karir anda dan menghapus informasi yang sudah tidak relevan lagi.

Demikian 18 tips dalam menyusun CV untuk melamar kerja, semoga bisa dipahami dan selamat berjuang meraih pekerjaan yang anda impikan.

    Rekomendasi

    Bergabung digruplowonganpekerjaan.co.id supaya tidak ketinggalan informasi lowongan pekerjaan lainnya :
  • Channel Telegram lowonganperkejaan.co.id KLIK DISINI

    Informasi

  • Diharapkan untuk membaca sacara keseluruhan informasi lowongan perkerjaan dengan teliti.
  • Hanya pelamar terbaik sesuai kualifikasi yang akan diproses untuk mengikuti seleksi selanjutnya.
  • Melamar pekerjaan di lowonganpekerjaan.co.id tidak dipungut biaya apapun
Posting Komentar

Posting Komentar