JAoS9MGcRrEvAy1VHexBi0Y4Il9FDuQzGEpppXkI
Bookmark

Tips Wawancara Kerja - Contoh Pertanyaan-pertanyaan Umum dan Tips Menjawabnya

LowonganPekerjaan.co.id - Wawancara kerja adalah salah satu tahap seleksi yang sangat penting karena ini merupakan kesempatan untuk mempromosikan diri kepada HRD bahwa kamu merupakan kandidat yang tepat.

Dengan mempersiapkan diri dengan mempelajari pertanyaan interview beserta cara menjawabnya bisa membantu kamu menghadapi interview dengan lebih percaya diri.

Tips wawancara kerja

Berikut ini adalah pertanyaan umum yang biasa diajukan saat wawancara kerja. lengkap dengan tips dan cara menjawabnya.

Personal Information

1. Ceritakan seputar diri kamu!

Tips untuk menjawab pertanyaan ini: 

Sebaiknya kamu ceritakan pendidikan formal kamu, keahlian kamu, prestasi/ pencapaian yang telah kamu raih sebelumnya dan sikap positif yang kamu miliki yang mendukung kinerja kamu. Karena informasi seputar pendidikan formal, keahlian, prestasi dan sikap positif pendukung kinerja itu sangat penting bagi HRD. Ceritakan juga Skill yang di kuasai dan tools yang di kuasai yang menunjang minat karir yang di lamar.

Contoh Jawaban :

Saya adalah lulusan S1 Ilmu Komputer Universitas Indonesia tahun 2020. Selama ini, saya tertarik menekuni bidang Data Analyst sejak kuliah. Saya memiliki skill perencanaan yang baik  dan detail terhadap hasil pekerjaan sehingga saya selalu mengupayakan hasil pekerjaan terbaik yang selesai tepat waktu. Saya juga bisa mengoperasikan tools seperti  polymer search, Sql, R, untuk menunjang pekerjaan saya sebagai Data Analyst.

2. Apakah kamu pernah terkena hukum atas perbuatan kamu?

Tips untuk menjawab pertanyaan ini:

Kamu bisa menjawab sesuai fakta dan bisa di jelaskan juga kegiatan positif kamu.

Contoh Jawaban :

Saya pernah mendapatkan surat peringatan dikarenakan saya pada saat itu masih mencoba coba dan apa yang saya coba pada saat itu malah memberikan kesalahan. namun setelah itu saya meperbaikinya dengan cara memberikan improvement yang baru, sehingga kesalahan itu teratasi.

3. Di samping pendidikan formal apakah kamu memiliki keahlian lain atau keterampilan lain ?

Tips untuk menjawab pertanyaan ini:

sebaiknya kamu ceritakan mengenai pengalaman mengikuti training dan ujian kompetensi yang mendukung posisi kamu saat melamar.

Contoh jawaban: 

Saya pernah mengikuti kelas Machine Learning Development yang diselenggarakan oleh Kominfo dan DQlab dengan menghasilkan sebuah  final project dan menjadi kelompok terbaik dalam kelas tersebut.

4. Coba ceritakan kelebihan kamu serta kekurangan kamu?

Tips untuk menjawab pertanyaan ini:

Ceritakan saja beberapa kelebihan kamu misalnya punya motivasi tinggi dalam bekerja, ulet serta mudah berkomunikasi dengan orang lain, serta boleh juga ditambahin poin kelebihan dari hard skill yang dimiliki. contohnya negosiasi yang bagus karena hampir setiap presentasi klien akan close.

Untuk cerita kekurangan diri sendiri, ceritakan saja apa adanya tetapi dengan tambahan upaya mengatasi kekurangan tersebut. 

Contoh jawaban :

Saya memiliki manajemen waktu yang baik sehingga selalu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu sesuai kesepkatan awal dengan hasil yang maksimal. Saya juga cukup kreatif dalam mengembangkan ide-ide yang saya miliki. Untuk kekurangan saya, saya adalah orang yang tidak mudah puas dengan hasil pekerjaan sendiri. Oleh karena itu, saya selalu berusaha semaksimal mungkin agar saya bisa puas dengan pekerjaan saya sehingga orang lain juga puas dan menyukainya.

5. Apa makna bekerja bagi diri kamu?

Tips menjawab pertanyaan ini:

Jawablah yang lebih ideal terkait dengan makna bekerja.

Contoh Jawaban:

Bagi saya, bekerja adalah melakukan sesuatu dengan ikhlas dan dengan sepenuh hati. Ketika saya melakukannya dengan sepenuh hati, maka saya akan senang dan tidak merasa tertekan saat bekerja.

Bagi saya bekerja adalah  apa yang bisa saya kontribusikan kepada perushaan dengan kemampuan yang saya miliki. jadi dengan adanya saya, saya berharap mampu memberikan keuntungan bagi perushaan.

6. Apa hobi kamu?

Tips menjawab pertanyaan ini :

Cukup sebutkan beberapa dan coba kaitkan dengan soft skill tertentu yang bisa mendukung pekerjaan kamu.

Contoh jawaban :

Sejak remaja, saya sangat senang dengan komputer. Mulai dari belajar software - software sederhana yang ada dikomputer sampai akhirnya bisa membuat program software yang bisa di install. mempelajar machine learning dan artificial intelligence.

7. Ceritakan kegiatan kamu selama belum mendapat pekerjaan/menganggur ?

Tips menjawab pertanyaan ini :

Jawablah dengan jujur dan ceritakan bahwa kamu tidak menyerah.

Contoh jawaban :

Sebelum mendapatkan pekerjaan, saya fokus untuk meningkatkan keterampilan saya, khususnya pada Data Analyst dan Mechine Learning. Saya sempat mengikuti beberapa pelatihan dan bootcamp, salah satunya adalah bootcamp Data Analyst dari Dts Kominfo dan DQlab.

8. Kamu adalah seorang pemimpin atau pengikut?

Tips Menjawab:

Kamu juga bisa menyampaikan ketika kamu menjadi anggota, kamu selalu bersedia mendengarkan, menerima instruksi, dan mengerjakan tanggung jawab dengan baik.

Contoh jawaban:

Saya adalah seseorang yang bisa menjadi keduanya. Ketika saya menjadi pemimpin, maka saya akan bertanggung jawab atas tugas-tugas saya dan memastikan seluruh anggota saya bertanggung jawab dan mengerjakan tugas-tugasnya dengan baik. Saya juga akan bijak dan tegas dalam membagi tanggung jawab dan tugas dengan anggota saya. Begitu pula ketika saya menjadi seorang anggota, saya akan bersedia mendengarkan, menerima instruksi, dan mengerjakan tanggung jawab dengan baik.

9. Apa pencapaian terbesar kamu?

Tips Menjawab:

Kamu bisa menceritakan pekerjaan kamu di perusahaan sebelumnya yang berhasil mendapatkan reward atau apresiasi dari atasan. Atau bisa juga di tambahkan dengan sesuatu (improvemnet) yang dilakukan dipekerjaan sebelumnya. Jika kamu adalah fresh graduate, ceritakan pencapaian selama kamu berkuliah, bisa pencapaian akademik atau non akademik.

Contoh Jawaban:

Sewaktu kuliah, saya pernah menjadi asisten dosen selama 2 semester pada mata kuliah Logika matematika dan Basis Data. Di tahun kedua perkuliahan, saya bersama tim saya mengikuti Pekan Kreativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta (PKM-KC) dan berhasil lolos didanai oleh Dikti. Dan selama bekerja pada perusahaan sebelumnya, saya mendapatkan nominasi karyawan terbaik selama 2 bulan berturut-turut.

10. Sebutkan 3 kata yang mendeskripsikan diri kamu?

Tips Menjawab:

Tiga kata yang disebutkan haruslah kata yang menunjukkan kekuatan positif, karena pertanyaan ini untuk langsung mengetahui karakter terkuat pencari kerja.

Contoh Jawaban:

Disiplin, kreatif, inovatif

11. Apakah kamu sudah menikah atau memiliki anak?

Tips Menjawab :

Untuk pertanyaan ini bisa kamu jawab jujur sesuai keadaan kamu karena perusahaan ingin mengetahui bagaimana kondisi kamu.

Contoh jawaban :

Saat ini saya belum nenikah dan belum memiliki anak.

12. Apakah kamu akan menikah atau mempunyai anak dalam waktu dekat?

Tips Menjawab :

Sebaiknya dijawab jujur, karena bisa berpengaruh pada penempatan kerja kamu. Karena menikah atau mempunyai anak berarti kamu akan langsung terikat pada suatu kota di mana keluarga berada dan enggan meninggalkannya namun jika tidak masalah, ceritakan juga jika kamu tidak memiliki masalah jika bekerja di daerah mana pun meskipun jauh dari keluarga.

Contoh Jawaban :

Saya belum ada rencana untuk menikah dalam waktu dekat. Saya akan fokus kepada karier dan tidak masalah apabila saya ditempatkan di daerah yang jauh dari keluarga.

13. Bagaimana kamu membayar biaya kuliah atau pendidikan kamu?

Tips Menjawab :

Ini merupakan salah satu cara untuk melihat tingkat kemandirian, kedewasaan, dan tanggung jawab kamu.

kamu bisa menjawab dengan kondisi kamu sebenarnya namun bisa kamu tambahkan dengan kegigihan untuk membiayai sendiri.

Contoh Jawaban :

Saya berusaha untuk mendapatkan beasiswa dan mengikuti program paid internship. Pada tahun ketiga, saya mendapatkan beasiswa dari sebuah yayasan yang mencover UKT kuliah dan pada tingkat akhir saya mengikuti paid internship selama satu semester untuk meringankan biaya kuliah saya.

14. Apakah yang kamu lakukan diluar aktivitas belajar selama kuliah ?

Tips Menjawab :

Deskripsikan diri kamu sebagai mahasiswa yang tidak hanya belajar dan mengerjakan tugas saja, namun mahasiswa yang dibekali dengan soft-skill tambahan. Dapat membahas kepemimpinan melalui kepanitiaan atau pun kerja paruh waktu yang menunjukkan sifat positif.

Contoh Jawaban :

Selama kuliah, saya cukup aktif dalam berbagai organisasi dan kepanitiaan kampus. Saya menjabat sebagai pengurus Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer pada bidang kaderisasi selama 2 periode. Saya berkesempatan untuk mempelajari dan mengembangkan sikap kepemimpinan. Selain itu, saya juga cukup aktif mengikuti beberapa kepanitiaan kegiatan-kegiatan kampus. Pada tahun terakhir, saya sempat mengikuti program magang di salah satu startup sebagai Data Analyst.

15. Coba ceritakan yang tidak ada di CV!

Tips Menjawab:

kamu bisa menonjolkan salah satu skill kamu dan mengaitkan hal itu dengan beberapa pencapaian terbaik kamu di CV.

Contoh Jawaban:

Saya adalah orang yang pekerja keras dan pantang menyerah. Ketika saya menemui kesulitan dan menghadapi banyak tantangan dalam pekerjaan, maka saya akan berusaha semaksimal mungkin dan bertanggung jawab untuk memperbaikinya. 

Pertanyaan mengenai track record

1. Dimana kamu bekerja sebelumnya?

Tips Menjawab :

Jujurlah pada jawaban ini, karena hal ini juga tertulis pada CV kamu. Tambahkan penjelasan singkat terkait bidang usaha perusahaannya.

Contoh Jawaban :

Sebelumnya saya bekerja di Gojek, salah satu startup di Indonesia yang bergerak pada layanan Ojek Online.

2. Kenapa resign dari pekerjaan sebelumnya?

Tips menjawab :

Hindari untuk menjelek-jelekkan atasan atau tempat kerja sebelumnya, ya. Jawab saja benefit yang tidak kamu dapat di perushaan sebelumnya. tapi inget harus jelasin fakta bukan asumsi.

Contoh jawaban :

Saya merasa bahwa pekerjaan saya sebelumnya kurang mendukung saya untuk mengembangkan skill. Apabila saya tetap menjalani pekerjaan itu untuk waktu yang lama, maka skill yang saya miliki hanya akan berhenti di tempat.

3. Di CV kamu terlihat bahwa kamu sempat tidak bekerja selama beberapa waktu, kenapa?

Tips menjawab :

Jawablah pertanyaan ini dengan jawaban yang jujur dan tetap profesional. Misalnya, kamu bisa menyampaikan bahwa kamu tetap belajar untuk mengembangkan skill dan mengikuti update dunia kerja.

Contoh jawaban :

Saya sempat tidak bekerja selama beberapa waktu setelah lulus kuliah karena fokus untuk meningkatkan skill dan portofolio saya dengan disesuaikan apa yang dibutuhkan di dunia kerja saat ini.

4. Kenapa kamu melamar bidang pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah?

Tips Menjawab

Kamu bisa menjawab pertanyaan interview kerja ini dengan menjelaskan bahwa kamu memiliki passion di bidang tersebut, pengalaman kerja, dan hobi yang berkaitan.

Contoh Jawaban :

Saya melamar pada bidang ini karena saya memiliki passion dalam basis data. Saya juga memiliki pengalaman kerja selama satu tahun di bidang yang sama dan hobi yang mendukung kinerja saya sebagai data analyst.

5. Kenapa kamu sering pindah tempat kerja?

Tips Menjawab :

Kamu bisa menjawab dengan jujur dan menjelaskan bahwa kamu berniat untuk memulai karier baru dengan lebih baik di perusahaan yang kamu lamar sekarang.

Contoh jawaban :

Saya ingin memulai karier baru dengan lingkungan kerja baru yang mendukung dan lebih baik di perusahaan ini.

6. Apakah kamu memiliki hubungan baik dengan sesama rekan kerja?

Tips Menjawab:

Ceritakan dengan jujur hubungan baik kamu dengan rekan kerja kamu sebelumnya.

Contoh Jawaban:

Saya memiliki hubungan yang baik dengan sesama rekan kerja. Dalam satu tim yang sama, saya dan rekan kerja bekerja sama dalam melaksanakan tanggung jawab kami dalam menyelesaikan pekerjaan.

7. Apa sifat buruk atasan kamu sebelumnya?

Tips Menjawab :

Kamu bisa menjawab sesuai fakta yang ada dan bukan asumsi belaka.

Contoh Jawaban :

Atasan saya seringkali lepas tanggung jawab dan melimpahkan tanggung jawab serta tugasnya sebagai pemimpin kepada bawahan.

Pertanyaan mengenai gaji

1. Berapa gaji kamu sekarang?

Tips menjawab :

Kamu bisa menjawab range gaji kamu sekarang dan sebutkan angka yang lebih tinggi dan jangan ragu untuk menjelaskan keterampilan yang kamu punya untuk kesempatan mendapat tawaran gaji lebih tinggi.

Contoh jawaban :

Pada perusahaan lama, saya mendapatkan gaji 10 juta per bulan sebagai Data Analyst.

2. Berapa gaji yang kamu inginkan?

Tips menjawab:

Kamu bisa menjelaskan keinginan gaji kamu harus lebih tinggi 30-50% dari sebelumnya, namun kamu juga bisa menjelaskan bahwa masih bisa di pertimbangkan oleh perusahaan. Kalau kamu fresh graduate, tipsnya adalah: riset kisaran gaji di minat karir yang di lamar, lihat domisili instansi. Bisa juga dengan menyebutkan rentang gaji contoh : Berdasarkan skill dan pengalaman saya. Saya mengingin kan gaji di rentang 3jt-5jt .

Contoh jawaban:

Dengan kemampuan Analisis data yang saya miliki, saya menginginkan gaji 15 juta per bulan. Akan tetapi, hal tersebut masih dapat dipertimbangkan kembali dengan melihat kemampuan dan kinerja saya saat bekerja.

Pertanyaan mengenai posisi / jabatan

1. Apa yang kamu ketahui tentang posisi ini?

Tips menjawab:

Pastikan bahwa kamu belajar tentang posisi yang kamu lamar atau bertanya ke teman yang bekerja di posisi yang sama. Jika kamu sudah bekerja sebelumnya, kamu bisa menceritakan pengalaman kerja kamu.

Contoh Jawaban:

Data Analyst bertanggung jawab dalam menganalisis dan mengolah data untuk kemudian diinformasikan agar bisa digunakan dalam sebuah pengambilan keputusan. Pada pekerjaan yang lama, saya bertanggung jawab untuk menganalisa dan mengolah data transaksi di aplikasi gojek.

2. Bagaimana cara kamu untuk menghadapi suatu tantangan pekerjaan?

Tips Menjawab:

kamu dapat memberikan contoh tantangan yang dihadapi.

Contoh Jawaban:

Saya adalah orang yang pantang menyerah, termasuk saat menghadapi tantangan dalam pekerjaan. Sehingga saya akan berusaha untuk mencari jalan keluar dan apabila memungkinkan, saya akan meminta saran dari rekan kerja maupun atasan untuk menghadapi tantangan.

3. Apa pendapat kamu tentang lembur?

Tips menjawab:

Jawablah dengan yakin bahwa kamu tidak keberatan dengan lembur, namun jangan terlalu memberikan jawaban yang basa-basi seperti tidak masalah bekerja lembur setiap hari.

Contoh Jawaban:

Saya tidak keberatan apabila diminta untuk bekerja lembur karena memang hal itu sudah menjadi tanggung jawab saya dalam menyelesaikan pekerjaan.

4. Bagaimana cara kamu menghadapi tekanan kerja dan stress?

Tips Menjawab :

Jawab saja bagaimana kamu menghadapi stress dengan jujur. Kamu juga bisa menceritakan pengalamanmu secara ringkas untuk menunjukkan bahwa manajemen stress kamu berhasil.

Contoh jawaban :

Saya sendiri mengetahui batas kemampuan bekerja saya. Apabila saya memforsir diri dan bekerja melebihi batas kemampuan saya, maka saya akan berhenti sejenak untuk istirahat. Saya juga berusaha untuk menjadikan lingkungan kerja saya lingkungan kerja yang baik dan kondusif sehingga saya menjalani pekerjaan dengan senang.

5. Apa motivasi kamu bekerja di perusahaan ini?

Tips Menjawab:

Jawablah pertanyaan wawancara ini dengan menunjukkan ketertarikan kamu dengan perusahaan. Lebih jelasinnya kamu bisa ceritakan latar belakang pengalaman bekerja atau organisasi bagi kamu yang mempunyai pengalaman atau yang tidak linier dengan pendidikannya. Kalo linier boleh juga dijelasin terkat dengan pendidikannya

Contoh jawaban:

Saya tertarik dengan perusahaan gojek dan saya yakin bahwa kemampuan, pendidikan, dan pengalaman yang saya miliki dapat menunjang pekerjaan saya. Saya juga memiliki pengalaman kerja di bidang Data analyst sehingga saya dapat mengimplementasikan kemampuan yang saya miliki di perusahaan ini.

6. Bagaimana kamu mengatur prioritas pekerjaan?

Tips menjawab:

Kamu bisa menjawab pertanyaan wawancara ini dengan menceritakan contoh yang pernah kamu alami. Bisa semasa kerja di perusahaan lama, atau semasa kuliah.

Contoh Jawaban:

Di pekerjaan lama saya, saya selalu mengerjakan pekerjaan yang penting dan urgent terlebih dahulu, biasanya pekerjaan-pekerjaan yangmemiliki tenggat waktu paling dekat. Saya akan mengurutkan pekerjaan dari yang memiliki tenggat waktu paling dekat, kemudian merencanakan apa saja yang harus saya kerjakan dalam setiap harinya agar pekerjaan dapat selesai tepat waktu dan hasil yang maksimal.

7. Jika kamu mendapatkan posisi ini, berapa lama rencana kamu bekerja di perusahaan kami?

Tips menjawab:

Jangan sebutkan secara angka berapa lama rencana kamu akan bekerja di perusahaan, yang ingin ditangkap pewawancara adalah komitmen kamu untuk bekerja.

Jika misalkan menyebutkan angka, maka perlu juga dijelaskan terkait apa yang akan dikontribusikan, dan proyeksikan keuntungan setelah kita masuk disana.

Contoh jawaban:

saya akan mengoptimalkan apa yang saya mampu, dengan kebutuhan perushaan. 

rencana saya 5 tahun diperushaan ini, karena saya juga melihat opportunity saya untuk berkembang. namun jika memang disini ada kesempatan saya untuk berkembang apakah itu karir, atau kemampuan, maka saya akan mengoptimalkannya.

8. Bagaimana jika bawahan kamu mengeluhkan tentang masalah di luar pekerjaan?

Tips menjawab :

Jawablah secara profesional bahwa tidak selalu kantor harus membahas soal pekerjaan semata.

Contoh jawaban :

Selama itu tidak mengganggu pekerjaan, hal tersebut bukanlah sebuah masalah. Karena tidak selalu kantor harus membahas soal pekerjaan.

9. Apa yang kamu lakukan jika bawahan kamu melakukan kesalahan?

Tips menjawab:

Jawab dengan cara profesional dan tunjukan bahwa kamu kebijaksanaan sekaligus jiwa kepemimpinan.

Contoh jawaban:

Saya akan menunjukkan kesalahannya, kemudian memberitahukan hal yang benar yang seharusnya dia lakukan agar dapat belajar dari kesalahannya.

10. Apakah bersedia ditempatkan di luar kota?

Tips menjawab:

Kamu bisa menjawab pertanyaan ini dengan menyampaikan aspirasi jika masih ragu atau tidak siap ditempatkan di luar kota. Sampaikan alasan yang jelas dan logis.

Contoh jawaban:

Saya tidak keberatan apabila ditempatkan di luar kota.

Saya sedikit keberatan ditempatkan di luar kota karena saya memiliki tanggung jawab menjaga orang tua di rumah.

Itulah pertanyaan yang umum ditanyakan oleh HRD saat interview kerja. Semoga membantu dan semoga lancar proses interviewnya!

    Rekomendasi

    Bergabung digruplowonganpekerjaan.co.id supaya tidak ketinggalan informasi lowongan pekerjaan lainnya :
  • Channel Telegram lowonganperkejaan.co.id KLIK DISINI

    Informasi

  • Diharapkan untuk membaca sacara keseluruhan informasi lowongan perkerjaan dengan teliti.
  • Hanya pelamar terbaik sesuai kualifikasi yang akan diproses untuk mengikuti seleksi selanjutnya.
  • Melamar pekerjaan di lowonganpekerjaan.co.id tidak dipungut biaya apapun
Posting Komentar

Posting Komentar