JAoS9MGcRrEvAy1VHexBi0Y4Il9FDuQzGEpppXkI
Bookmark

6 Tips dan Teknik agar Sukses Wawancara Kerja

Dalam usaha mencari pekerjaan, proses mengirimkan lamaran kerja hanya permulaan untuk mendapatkan posisi kerja yang kita idamkan. Setelah nama kita tersaring dan berhak mengikuti wawancara kerja, maka proses berikutnya akan lebih menantang. 

Wawancara kerja adalah proses penting dalam rekrutmen perusahaan maupun lembaga. Pada tahap ini, perusahaan bisa lebih selektif lagi dalam memilih kandidat yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Namun bukan hanya berguna untuk perekrut, melainkan bisa juga dimanfaatkan oleh kita sebagai pelamar pekerjaan. 

Manfaatkan sebaik-baiknya proses wawancara kerja untuk menunjukkan kelebihan dan kemampuan kita. Untuk membantu anda melakukan wawancara kerja yang baik, ikuti tips-tips wawancara kerja berikut ini:

1. Persiapkan diri dengan matang

Seperti kata pepatah; gagal dalam melakukan persiapan sama dengan mempersiapkan untuk gagal. Maka lakukan persiapan wawancara dengan baik sebelum anda datang ke panggilan wawancara kerja. Dengan persiapan yang matang, anda bisa lebih percaya diri dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan perekrut. 

Lakukan latihan menjawab pertanyaan umum dalam wawancara dengan membaca pengalaman-pengalaman orang lain dan membaca artikel-artikel panduan wawancara kerja. Persiapkan juga pertanyaan yang anda ingin tanyakan ke perekrut. Jangan lupa untuk mempelajari informasi-informasi penting tentang perusahaan dan posisi yang anda lamar. 

2. Jangan ragu untuk bertanya

"Malu bertanya sesat di jalan" juga berlaku dalam wawancara kerja. Jika ada informasi yang belum anda tangkap dengan baik, tanyakan saja ke pewawancara. 

Anda juga bisa bertanya tentang perusahaan yang menarik bagi anda, hal ini bisa memberikan kesan bahwa anda memang antusias dengan perusahaan yang dilamar. Selain itu, Anda juga bisa gali lebih dalam tentang posisi pekerjaan yang Anda inginkan, apa saja tanggungjawabnya, bagaimana budaya kerjanya, dan pertanyaan lainnya. 

3. Jawablah pertanyaan wawancara dengan jelas dan singkat

Dalam menjawab pertanyaan, gunakan bahasa yang simpel dan mudah dipahami, tidak berbelit-belit, dan usahakan singkat. Anda juga bisa menggunakan contoh konkrit untuk memperjelas jawaban. 

Berbicara telalu banyak namun tidak ada poin-poin penting di dalamnya hanya akan membuatnya terlihat seperti bualan saja. 

4. Berfokus pada apa yang perusahaan butuhkan

Dalam menjawab pertanyaan, fokuslah pada apa yang perusahaan butuhkan serta nilai tambah apa yang Anda miliki untuk memenuhi kebutuhan perusahaan tersebut.Tunjukkan antusiasme Anda pada posisi pekerjaan yang Anda lamar. 

5. Tampil dan bersikap profesional

Kenakan pakaian yang rapi dan profesional saat datang ke wawancara kerja. Alokasikan waktu lebih agar Anda tidak terlambat akibat sebab-sebab tak terduga. Jika Anda telat datang maka akan memberi kesan negatif dan tidak disiplin. 

Hal yang sangat penting juga adalah untuk bersikap profesional dalam proses wawancara. Mulai dari posisi duduk, posisi tangan, mata, dan gesture-gesture ketika berbicara. 

6. Bersikap sopan dan rendah hati

Bangunlah hubungan yang baik dengan cara bersikap sopan, ramah, dan selalu rendah hati terhadap pewawancara. Sampaikan terima kasih dan sertai kalimat-kalimat dengan ungkapan yang sopan dengan tetap menunjukkan ekspresi wajah yang ramah. 

Demikian 6 tips wawancara kerja yang harus Anda perhatikan dan terapkan dalam wawancara kerja. Kesalahan sepele dalam proses wawancara bisa berakibat serius yakni dicoretnya nama Anda untuk diterima di perusahaan tempat Anda melamar. 

    Rekomendasi

    Bergabung digruplowonganpekerjaan.co.id supaya tidak ketinggalan informasi lowongan pekerjaan lainnya :
  • Channel Telegram lowonganperkejaan.co.id KLIK DISINI

    Informasi

  • Diharapkan untuk membaca sacara keseluruhan informasi lowongan perkerjaan dengan teliti.
  • Hanya pelamar terbaik sesuai kualifikasi yang akan diproses untuk mengikuti seleksi selanjutnya.
  • Melamar pekerjaan di lowonganpekerjaan.co.id tidak dipungut biaya apapun
Posting Komentar

Posting Komentar